Cara Mudah menghubungkan mesin Absensi dengan Laptop Secara Online dengan aplikasi GEISA


Pada Kesempatan ini Saya akan membagikan tutorial Cara Mudah menghubungkan mesin Absensi dengan Laptop Secara Online Kehadiran guru di sekolah akan dipantau langsung oleh dinas pendidikan setempat serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal itu akan mengacu pada Permendikbud Nomor 10 Tahun 2018 tetang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, dan Tambahan Penghasilan Guru PNS Daerah.

Berkaitan dengan hal tersebut, setiap sekolah wajib memiliki perangkat absensi elektronik (mesin absensi fingerprint) yang terhubung langsung dengan (Kemendikbud) . Jika biasanya absen online ini dikerjakan oleh operator sekolah di aplikasi DHGTK online, maka dengan imi pemberlakuan absensi elektronik ini, dan tanggung jawab absensi ada di tanggung jawab masing-masing guru. Operator sekolah biasanya hanya bertugas untuk mengirimkan rekap absensi yang ada mesin fingerprint ke server pusat.

 cara menggunakan absensi online ini adalah guru mengisi absen di mesin fingerprint ini yaitu mesin fingerprint dihubungkan langsung dengan laptop/komputer secara periodik dan data yang ada di mesin fingerprint juga dipindahkan laptop. Dan rekap kehadiran di laptop dikirim ke server DHGTK.

Langkah awal yang harus dilakukan sekolah adalah menyediakan mesin absensi fingerprint. Selanjutnya adalah menghubungkan mesin fingerprit tersebut dengan laptop dengan menggunakan aplikasi Geisa Secara Online . karena aplikasi ini terbiterb baru inilah yang mampu mensinkronkan antara mesin absensi fingerprint, aplikasi dapodik dan server pusat DHGTK. 

Sinkronisasi mesin fingerprint dengan laptop melalui aplikasi Geisa secara online harus dilakukan di laptop/komputer yang ada aplikasi dapodik. Jika diinstal di laptop/komputer yang tidak ada aplikasi dapodik, maka proses sinkronisasi antara mesin absensi fingerprint, dengan laptop/komputer dan juga  server pusat tidak akan berjalan dengan lancar. 

Kemudian  cara instal dan mengubungkan mesin fingerprint dan aplikasi Geisa akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini. Tutorial ini dapat dipraktekan langsung dengan syarat mesin fingerprint telah disediakan.

Untuk tutorial ini, saya menggunakan mesin fingerprint (So***on)  yang bukan produk yang resmi dikeluarkan GEISA (Bukan produk bundling GEISA). dan, kali ini saya akam memberikan penjelasan secara lengkap proses instalasi dan koneksi mesin absensi dan komputer/laptop adalah sebagai berikut:

Download aplikasi GEISA Client terbaru terlebih dahulu dan  di laptop harus sudah yang berisi aplikasi Dapodik.

Aplikasi GEISA dapat didownload disini Jika proses download telah selesai, instal aplikasi GEISA Client di laptop.Buka aplikasi GEISA Client dengan mengetik alamat : http://localhost:9315. Lakukan registrasi terlebih dahulu.

Selanjutnya Masukan NPSN sekolah, User Name dengan user Dapodik serta password dapodik. Jika sudah lengkap diisi, klik registrasi.

Setelah itu Tunggu beberapa saat sampai ada konfirmasi bahwa registrasi telah berhasil. Jika registrasi berhasil, selanjutnya klik tombol Kembali Login sehingga jendela login terbuka. Isi Id pengguna dan katasandi yang biasa digunakan untuk membuka Dapodik.


Kemudian Jika jendela GEISA Client telah terbuka, dan klik menu mesin. Klik tanda panah kecil di tengah halaman agar halaman tergulung ke bawah.

Terus Klik tambah sehingga muncul list mesin absensi. Ubah alamat  IP Adress mesin absensi disesuaikan dengan IP Adress Kabel Lan Yang dipakai untuk menghubungkan mesin dengan laptop. Cara mengubahnya dengan mengklik di mesin absensi  yang terpilih kemudian pilih menu ubah. Gunakan tombol tab untuk memindahkan kursor.

Lalu, Hidupkan mesin absensi dan sambungkan mesin absensi dengan laptop menggunakan kabel LAN. Untuk melihat IP adress kabel , cari di Control Panel terus klik Network And Internet, dan klik Network And Sharing Center.

Setelah itu klik Change adapter setting. Cari koneksi kabel Lan dari mesin ke laptop/komputer . Klik kanan Terus pilih status.

Selanjutnya klik detail dan lihat IP Adress kabel Lan. Tulislah dan input  ke dalam IP Adress di aplikasi GEISA. Tambahkan satu angka di angka terakhir IP Adress. Misalnya :
IP adress yang tertera di bawah adalah 169.254.17.111. Ditulis di aplikasi GEISA 169.254.17.112. Jika sudah terus klik simpan. Jangan lupa sesuaikan pula IP Adress di mesin fingerprint dan harus sesuai dengan yang tertera di aplikasi GEISA.


Kemudian pilih pengaturan 3 dan klik simpan.

Setelah itu buka GEISA Connect. Samakan IP Adressnya dengan IP Adres di GEISA. Jika IP Adress sudah sesuai, klik connect.

Selanjutnya Jika pengisian IP Adress benar, maka mesin akan tersambung ditandai dengan lingkaran yang berwarna merah menjadi hijau serta serial number mesin dan tipe mesin akan otomatis masuk ke GEISA.

Jika anda mengalami kegagalan, lakukanlah langkah tadi secara Terus menerus Saya sendiri beberapa kali mengalami kegagalan sebelum akhirnya berhasil menghubungkan mesin ke laptop.
Demikian tutorial yang saya bagikan semoga bermanfaat

3 Responses to "Cara Mudah menghubungkan mesin Absensi dengan Laptop Secara Online dengan aplikasi GEISA"

  1. terimakasih infonya, sangat membantu. kunjungi juga terus website kami di http://mesinfingerprint.com/
    salam sukses selalu

    ReplyDelete
  2. Mohon bantuan nya para suhu.... Kalo cara daftarin serial number manual agar bisa konek ke sistem geisa. Tks mohon pencerahan nya. Tks

    ReplyDelete