Download RKJM Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Sampai 2020-2021 Terbaru

Download RKJM Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Sampai 2020-2021 Terbaru,  - Pada kesempatan kali ini kami memberikan File RKJM Setelah mendapat pertimbangan dan Persetujuan dari Komite Sekolah. Maka Rencana Keja Jangka Menengah ini mulai diberlakukan pada Tahun Pelajaran 2017-2018 sampai dengan 2020-2021.

     Puji syukur dipanjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat-Nya serta atas dukungan segenap komponen sekolah, komite sekolah dan masyarakat, kami Tim Pengembang Sekolah telah menyelesaikan penyusunan Rencana Kerja Menengah Sekolah. 

    RKJM ini adalah rencana kerja yang disusun berdasarkan kekuatan dan kelemahan yang berdasarkan fakta masa lalu, fakta kini, harapan yang diinginkan serta tantangan nyata yang dihadapai. Melalui RKJM ini sekolah telah melihat alur perjalanan kedepan dalam memwujudkan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah. Dimana harapan segenap sekolah dalam beberapa tahun ke depan akan memenuhi keinginan pemerintah dan masyarakat Kab.Kota ..... sebagai satu-satunya sekolah yang berhasil mememenuhi kreteria sebagai Sekolah Berstandar Nasional di Kab.Kota ......
    Kami menyadari bahwa RKJM ini masih banyak terdapat kekurangan yang selanjutnya kami sangat mengharapakan kritikan dan saran agar kami dapat melakukan evaluasi secara berkala. Penghargaan yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada semua pihak yang telah ikut andil dalam penyusunan RKJM ini. Hal ini merupakan kontribusi dalam rangka memajukan pendidikan di Nama Sekolah ..... mengingat pendidikan merupakan tanggung jawab segenap komponen bangsa.
    Semoga RKJM ini dapat bermanfaat sesuai harapan kita bersama.
                                                                                                        Penuis,

DAFTAR ISI

BAB I
PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG

Rencana Kerja Jangka Menengah Sekolah merupakan sebuah proses perencanaan atas semua hal dengan baik dan teliti untuk mencapai tujuan pendidikan dalam jangka waktu 4 tahun. Dengan tujuan ini sekolah dapat disesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, sosial budaya masyarakat, potensi sekolah dan kebutuhan peserta didik. RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) disusun sebagai pedoman kerja pengembangan sekolah, dan sebagai bahan acuan untuk mengidentifikasi serta mengajukan sumber daya yang diperlukan.

Dewasa ini kompetisi pendidikan berlangsung sangat ketat dan tajam hampir tiada batas. Sekolah yang tidak mampu bersaing secara fair dan terbuka akan tertinggal terseleksi oleh keadaan. Oleh karena itu Nama Sekolah ..... perlu mengembangkan dan meningkatkan secara terus menerus dengan memperhatikan sumber daya yang dimiliki, baik sumber daya menusia maupun sumber daya yang lainnya. Nama Sekolah ..... memiliki siswa sebanyak 235 orang, guru sebanyak 10 orang, dukungan dan kepercayaan pemangku kepentingan (stakeholder) yang mendukung, sarana dan prasarana, dan  berada di lingkungan persekolah dengan masyarakat yang religius.

Menghadapi kondisi tersebut Nama Sekolah ..... perlu mempersiapkan diri secara mantap dengan menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM ) bertujuan untuk tercapainya pelayanan pendidikan yang minimal terhadap siswa dan tercapainya pendidikan nasional secara umum.


B. LANDASAN HUKUM

    Berikut adalah landasan hukum yang dijadikan acuan dalam penyusunan RKJM Nama Sekolah ..... :

  1. Undang-undang No. 20 tahun 2003; tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. Permendiknas No. 22, 23, dan 24 Tahun 2006 tentang SI dan SKL
  4. Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
  5. Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
  6. Permendiknas No. 13 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Kepala Sekolah
  7. Permendiknas No. 28 Tahun 2010 tentang Tugas Guru sebagai Kepala Sekolah
  8. Permendiknas No. 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana
  9. Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
  10. Permendiknas No. 69 Tahun 2009 tentang Standar Pembiayaan
  11. Permendiknas No. 20 Tahun 20007 tentang Standar Penilaian

C.   MAKSUD DAN TUJUAN
 
    Nama Sekolah ..... RKJM dengan tujuan untuk:

  1. Menjamin agar perubahan / tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil.
  2. Mendukung koordinasi anatar personil sekolah.
  3. Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar personil sekolah, antar sekolah dan dinas pendidikan.
  4. Menjamin keterkaitan antara perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.
  5. Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat.
  6. Menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.
D.        METODE PENYUSUNAN
 
    Penyusunan RKJM ini disusun berdasarkan data yang dikumpulkan yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis Swot. Analisis Swot digunakan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan yang ada pada sekolah baik pada masa kini dan harapan sekolah ke depan berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi. Sehingga dapat direkomnedasikan jalan keluar agar tujuan yang telah ditetapkan dicapai. Data yang dianalisis berasal dari data yang dikumpulkan melalui metode observasi dan  metode tanya jawab. 

Metode observasi digunakan berdasarkan fakta riil saat ini baik melalui pengamatan langsung dan berdasarkan data yang tersimpan pada bank data Nama Sekolah ...... Data tersebut dapat berupa dokumen pengarsipan dan dokumen elektronik. Sedangkan yang lain yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode tanya jawab secara langsung terkait dengan fungsi kepala sekolah dalam mensupervisi guru. Metode tanya jawab juga digunakan saat rapat dengan komite sekolah dan rapat interen guru untuk mengetahui beberapa kelemahan dan kekuatan yang layak untuk mendapat jalan keluar sehingga tantangan nyata yang dihadapi dapat diatasi menuju tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.


E.        KERANGKA PEMIKIRAN
 
Kerangka pemikiran dari Rencana Kerja Menengah Sekolah adalah mengacu pada tujuan dari pendidikan nasional sesuai dengan bunyi pasal 3 Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 tahun     2003 yaitu “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman  dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab” . Kemudian diatur  lebih lanjut ke dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Nomor 19 tentang Standar Nasional Pendidikan  yang memuat 8 Standar Nasional Pendidikan yaitu a. standar isi; b. standar proses; c. standar kompetensi lulusan; d. standar pendidik dan tenaga kependidikan; e. standar sarana dan prasarana; f. standar pengelolaan; g. standar pembiayaan;dan h. standar penilaian pendidikan. 

Berdasarkan tujuan pendidikan nasional yang dijabarkan ke dalam 8 standar pendidikan yang dikaitkan kodisi riil sekolah yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan maka dilkukanlah usaha minimal untuk mencapai SNP (Standar Nasional Pendidikan) atau bahkan dapat lebih yang selanjutnya dapat mengacu kepada sistem manajemen sekolah mencakup kurikulum yang mengadopsi manajemen sekolah dan kurikulum sekolah di negara maju.  Hal tersebut terkait dengan posisi Nama Sekolah ..... yang dipersiapkan untuk menjadi Sekolah Bersatandar Internasional. 

Sudah barang tentu banyak hal yang belum terpenuhi yang merupakan suatu kodisi nyata saat ini yang harus segera dipenuhi untuk mencapai standar minimal yaitu Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dimana langkah selanjutnya menuju Standar Internasional. Maka dari itu sekolah wajib melakukan perencanaan secara rinci dan terstruktur berdasarkan analisis dari fakta kelemahan dan kekuatan yang ada sehingga dapat digambarkan kondisi tantangan nyata yang selanjutnya dijawab dengan melakukan penyusunan dan pelaksanaan program-program strategis mulai dari saat ini dan seterusnya untuk mempercepat tercapainya tujuan yang telah ditentukan.


F.        SISTEMATIKA PENULISAN
 
    Rencana Kerja Menengah Sekolah ini disusun dengan sistematis dengan menggunakan kaedah penulisan standard ilmiah. Hal ini dilakukan karna hal tersebut sesuai dengan karakteristik ilmiah yang tidak dapat dipisahkan dari rangkaian rencana kerja ini. Oleh karna pada dasarnya setiap rencana selalu berpijak dari suatu tekad untuk memperbaiki suatu keadaan saat ini yang dianggap belum baik. Keadaan baik adalah suatu keadaan yang diharapkan. Sehingga perencanaan yang matang perlu dilaksanakan berdasarkan prinsip pemecahan masalah.

    Metode pemecahan masalah yang diawali dengan ditemukannya masalah sebagai akibat terjadinya kesenjangan antara kondisi nyata dengan kondisi yang diharapkan. Selanjutnya dilakukan analisis masalah yaitu dengan menemukan beberapa alternatif pemecahan yang mungkin dilaksanakan selanjutnya memilih satu dari beberapa alternatif tersebut untuk dijadikan solusi dari masalah tersbut untuk dipecahkan. Tindakan selanjutnya adalah implementasi dari alternatif pemecahan masalah tersebut. Langkah berikutnya adalah memastikan penerapannya berjalan baik untuk kemudian dievaluasi dalam rangka menentukan langkah berikutnya berdasarkan hasil yang dicapai pada tahapan atau siklus pertama tersebut.

    Tahapan yang didasarkan metode ilmiah hendaknya ditulis dengan kaedah ilmiah pula dengan struktur penulisan yang standar pada penulisan ilmiah sehingga pada Rencana Kerja Menengah ini mengikuti kaedah penulisan ilmiah baik dalam format paragarap, huruf, kertas, margin dan srtuktur penomoran. Sistematika penulisan yang digunakan adalah meniru sistem penomeran Amerika. Menggunakan huruf Tahoma 12, kertas F4 2,2,2, 3. Spasi yang digunakan adalah 1,5 spasi. 

BAB II
KONDISI UMUM

    Pada tabel berikut akan digambarkan kondisi saat ini, kondisi yang diharapkan dan besarnya tantangan yang dihadapi untuk melaksanakannya.

Tabel.  1
Tabel Kondisi Nyata, Kondisi Yang Diharapkan dan Tantangan Nyata

BAB III
RENCANA STRATEGIS


A. VISI
“....................................”.

B. MISI

  1. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
  2. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
  3. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
  4. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
  5. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai

C. TUJUAN SEKOLAH
 
Mengacu pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan dasar, tujuan sekolah dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut ini.

  1. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
  2. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
  3. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
  4. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
  5. ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
D.        SASARAN SEKOLAH
 
    Dalam rangka memenuhi tujuan pendidikan maka perlu dipilah sasaran yang tepat agar pencapaian tujuan tercapai efektif. Berikut Sasaran Sekolah :

  1. Memberikan pembinaan secara rutin kepada guru-guru sehingga dapat melaksanakan  program-program yang telah dirancang serta dapat melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang efektif, mantap dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan
  2. Menumbuhkan penghayatan terhadapa ajaran agama yang dianut serta budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak
  3. Mengadakan suverpisi kepada guru-guru secara rutin dalam bentuk administrasi kelas maupun kegiatan pembelajaran
  4. Memberikan rasa tanggung jawab kepada guru-guru dalam mengatur kelas maupun pengelolaan kelas
  5. Memberikan pembinaan kepada semua warga sekolah untuk selalu disiplin dalam segala hal termasuk tata karma
  6. Mengadakan kerjasama yang harmonis dan transparan di dalam pengelolaan sekolah terhadap komite, tokoh masyarakat, warga Negara, dan pemerintah
  7. Mengadakan kerjasama yang baik dengan masyarakat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan
E.       IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI YANG DIPERLUKAN SETIAP SASARAN
 
    Fungsi-fungsi yang berlaku dalam setiap sasaran adalah :

  1. Untuk melakukan pembinaan terhadap guru secara rutin diperlukan fungsi supervisi kepala sekolah yang dilaksanakan secara konsisten
  2. Untuk memastikan segenap komponen sekolah telah melakukan penghayatan terhadap ajaran agama maka melalui kegiatan keaagaman berupa acara dan upacara agama secara rutin
  3. Untuk memastikan guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan adminidtrasi
   
F.        ANALISIS SWOT
 
Berdasarkan besarnya tantangan nyata pada tabel di atas maka berikut di kemukakan analisis Swot untuk dapat menggambarkan kesiapan sekolah dalam menghadapi tantangan nyata tersebut.

Tabel.  2
Tabel Analisis Swot

G.   ALTERNATIF LANGKAH PEMECAHAN MASALAH
      Berbgai berapa alternative pemecahan masalah Nama Sekolah ..... adalah   sebagai berikut :

  1. Pengajuan proposal Bansos, DAK, DECON kepada instansi yang terkait sehubungan dengan peningkatan mutu  sarana dan prasarana sekolah
  2. Pengiriman pelatihan kepada guru tentang ICT
  3. Mengadakan pelatihan Bahasa Inggris kepada seluruh staff dewan guru

H.   MENYUSUN PROGRAM PENINGKATAN MUTU
       1.    Sasaran 1 Peningkatan Nilai UN

  • Untuk meningkatkan nilai UN dilakukan melalui usaha melaksanakan bimbingan belajar,
  • Melakukan tryout pada UN,
  • Pemantapan  maple yang di UASBN-kan
      2.    Sasaran 2 Peningkatan prestasi akademik/non akademik
  • Mengadakan pembinaan olimpiade MIPA
  • Mengadakan pembinaan khusus siswa berprestasi
  • Mengadakan pembinaan khusus Mata Pelajaran Bahasa Inggris
  • Mengaktifkan kegiatan ekstrakurikule
 JADWAL KEGIATAN
Tabel 3
Tabel Jadwal Kegiatan



BAB IV
PENUTUP

A. SIMPULAN

    Delapan standard pendidikan wajib dilaksanakan di sekolah. Untuk efektifnya pelaksanaan delapan standard pendidikan di Nama Sekolah ..... maka diperlukan RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) Tahun 2017 – 20120. RKJM bertujuan memberikan arah pelaksanaan untuk terjaminnya mutu pendidikan di Nama Sekolah ...... Adapun lingkup RKJM terdiri atas :

  1. Maksud dan tujuan
  2. Kerangka penyusunan
  3. Sistematika penulisan
  4. Kondisi umum Nama Sekolah .....
  5. Rencana Strategis
  6. Visi/Misi
  7. Tujuan Sekolah
  8. Sasaran
  9. Identifikasi Fungsi-fungsi yang diperlukan
  10. Analisis Swot
  11. Alternatif pemecahan masalah
  12. Penyusunan program peningkatan mutu
  13. Jadwal kegiatan
  14. Kesimpulan dan saran
B. SARAN
 
    RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) disusun dalam waktu yang sangat singkat. Sudah pasti isinya sangat jauh dari harapan. Untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan guna sempurnanaya RKJM ini. Untuk pemangku kepentingan, disarankan memberikan pelatihan-pelatihan dalam penyusunan RKJM.

Untuk mendapatkan file secara lengkat dan utuh, dan Bapak dan Ibu nya melakukan editing. Maka dari itu lebih baik untuk mendownloadnya. Karena yang kami tampilkan di atas hanyalah penggalan-penggalannya saja. 

Demikianlah postingan kali ini semoga bermanfaat 

0 Response to "Download RKJM Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Sampai 2020-2021 Terbaru"

Post a Comment